Beny Machmud Putra - 41815120171

Tidak bisa dipungkiri bahwa kita hidup dijaman yang serba maju dan berteknologi, berkat teknologi kehidupan semakin lebih mudah. Komputer adalah salah satu bukti nyata kemajuan teknologi yang sangat membantu di setiap aspek kehidupan, mulai bekerja, belajar, mencari berita di seluruh dunia hingga menciptakan robot Artificial Intelligence (Robot yang memiliki kemampuan berfikir sama seperti manusia).

Selain komputer, ada juga media massa yang menjadi salah satu bukti kemajuan teknologi informasi saat ini. Saat ini, media massa dibuat untuk mendukung pembangunan negara, politik, pemerintahan, gaya hidup hingga masalah-masalah pelik lainnya.

Dengan adanya 2 contoh tersebut, pola kehidupan masyarakat pun akan cenderung berubah dan berbeda. Lalu apa sajakah peranan serta manfaat perkembangan teknologi dan informasi dalam kesejahteraan masyarakat?

a. Bidang Pendidikan

Dahulu, untuk mencari jawaban dari sebuah soal yang sulit, murid atau guru harus rela memilah serta memilih satu persatu dari sekian ribu halaman. Namun, saat ini, murid ataupun guru bisa mencari jawaban tersebut melalui mesin pencari yang telah disediakan oleh perusaahan IT seperti Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya.

Selain itu, peranan teknologi dan informasi di bidang pendidikan yaitu membantu seluruh elemen pendidik untuk melalukan pengembangan serta menjadi alat bantu dalam memperbaiki kualitas proses belajar mengajar.

Sedangkan di segi kemajuan teknologi informasi, murid ataupun guru juga bisa mengakses mode pendidikan terbaru diseluruh dunia dan menerapkannya kepada sistem pendidikan di instansi pendidikan tersebut.

Pada hakikatnya teknologi pendidikan adalah suatu pendekatan yang sistematisdan kritis tentang pendidikan.

b. bidang Informasi dan Teknologi

Jika bisa dibilang, mungkin 75% dari penduduk di seluruh Indonesia bisa merasakan manfaat kemajuan ini dibidang informasi dan teknologi. Beberapa manfaat yang telah dirasakan antara lain:
- Lebih cepat mendapat informasi
- Mampu berkomunikasi dengan sanak saudara, teman, orang tua dari jarak yang cukup jauh hanya menggunakan telepon seluler
- Dapat melakukan pekerjaan di manapun tanpa terikat tempat atau waktu

c. bidang Sosial Budaya

Peranan atau manfaat yang telah dirasakan adalah;

- Lebih mudahnya mengenalkan budaya Indonesia ke seluruh penjuru dunia
- Pemberian bantuan terhadap korban bencana alam di suatu daerah menjadi lebih cepat




Di atas telah kita kupas tuntas mengenai peranan kemajuan teknologi dan informasi terhadap kesejahteraan masyarakat, lalu bagaimana dengan peranan teknologi informasi dalam menciptakan masyarakat informasi di Indonesia? Berikut penjelasannya.


Pada tahun 1970'an, konsep masyarakat informasi muncul saat peralihan dari masyarakat industri menuju masyarakat informasi, di mana produksi, distribusi dan manipulasi suatau informasi menjadi kegiatan utama dalam suatu kelompok masyarakat tersebut.

Menurut William Martin masyarakat informasi adalah suatu masyarakat di mana kualitas hidup, dan juga prospek untuk perubahan sosial dan pembangunan ekonomi tergantung pada peningkatan informasi dan pemanfaatannya. Bisa disimpulkan bahwa masyarakat tipe ini menjadi informasi sebagai salah satu landasan atau pegangan kuat dalam melakukan perubahan sosial serta pembangunan ekonomi.

Nah, dalam hal ini, komputer menjadi salah satu alat yang sangat menentukan dalam penciptaan masyarakat Informasi, karena melalui komputer semua informasi serta kebutuhan lainnya bisa kita dapatkan dengan mudah.

Contohnya saja dalam sebuah negara memutuskan untuk menerapkan e-goverment karena mereka percaya ketika melibatkan perkembangan TI di setiap proses pemerintahan maka akan membawa sejumlah manfaat seperti

- Meningkatnya kualitas pelayanan masyarakat
- Proses transparasi dan akuntabilitas semakin baik
- Mampu menciptakan masyarakat berbasis informasi yang berkualitas tinggi.

Namun dalam menyiapkan e-goverment, pemerintah harus menyiapkan beberapa hal seperti sosialisasi, anggaran, kesiapan SDM, infrastruktur jaringan.


Referensi:

Pengaruh Perkembangan Masyarakat Informasi terhadap Kesejahteraan Masyarakat,
http://www.academia.edu/3736018/Pengaruh_Perkembangan_Masyarakat_Informasi_terhada
p_Kesejahteraan_Masyarakat

Penulis Budi Rahman Saleh

Peranan Teknologi Komunikasi dalam Menciptakan Masyarakat Informasi di Indonesia,
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=130712&val=5410

Penulis Dwi Ratna A, Vienda A, Florencius S, Santi S.4